Senin, 02 Januari 2023

Perubahan Kecil

🌸🌸🌸

Hari ini saya kembali duduk disini.  Menunggu dan mengantri di depan poli Bedah Rumah Sakit. Membiasakan pola seperti ini mungkin saja bisa melatih kesabaran yaπŸ˜… Walaupun bukan setiap hari, tapi konsisten selama hampir 2 bulan kemungkinan ada pengaruhnya. 

Masih awal tahun dan awal bulan. Belum terlambat kalau mau merencanakan ide-ide. Keinginan awal  terbesarku adalah merubah hal-hal kecil yang buruk menjadi kebiasaan baik yang dibutuhkan. Saya sudah menetapkan rencana untuk hal yang akan saya ubah.

Yang saya tahu, ketika orang ingin melakukan suatu perubahan syaratnya harus konsisten. Namun berapa lama orang bisa mengubah kebiasaan? Seperti dalam buku Atomic Habit karya James Clear yang saya baca ini. Buku yang membawa sebuah sistem revolusioner untuk menjadi 1% lebih baik setiap hari. Bagaimana perubahan-perubahan yang sangat remeh dapat tumbuh menjadi hasil-hasil yang mampu mengubah sebuah hidup. 

Sementara itu Psikolog Klinis Liza Djaprie menyatakan idealnya rata-rata orang membutuhkan waktu 30 hari membuat suatu hal menjadi kebiasaan. 

Apapun itu teorinya semua tergantung dari kapasitas otak dan motivasi masing-masing individu. Lingkungan, kondisi, kepribadian dan orang terdekat juga cukup berpengaruh.

Untuk saya, ini bukan perkara mudah. Ketika malas menyerang mungkin saya akan lupa dengan tujuan awal ketika ingin menjadi lebih baik. Agaknya memang harus dipaksakan. 

Dan sekarang saya mulai dengan hal simpel dulu yaitu tidak merapel mandi ketika stay di rumah πŸ˜…

Tau sendiri kan ribetnya mamak-mamak kalau di dapur ? Rampung dengan keriuhan pekerjaan baru otw ke kamar mandi πŸ˜‚ 

√ List 1. Mandi subuh demi positive vibes πŸ˜€♥️

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instalasi Hidroponik #Ramadhan Journey

Instalasi Hidroponik milik kak Ama di Kabupaten Majene Tiga hari yang lalu, sebelum pulang ke Mamuju, saya menyempatkan berkunju...