Minggu, 07 Januari 2024

Yuk, Regrow Daun Bawang

Daun bawang adalah sayuran yang paling sering saya regrow. Regrow adalah menanam kembali sisa potongan sayur. Selain daun bawang, kangkung adalah pilihan ke dua yang bisa saya tanam kembali. 

Jadi, saya tidak butuh benih, cukup menanam kembali daun bawang atau kangkung, maka saya bisa menikmati hasilnya. 

Regrow daun bawang sangat mudah. Cara saya adalah dengan menumbuhkan terlebih dahulu akar pada bonggol daun bawang dengan merendam di dalam air. Setelah akarnya tumbuh sedikit, maka daun bawang siap tanam kembali. Tidak butuh lama, daun-daun baru akan tumbuh kembali. 

Dan hal ini biasa saya lakukan berulang. Daun yang sudah tumbuh saya gunting saat mau diolah dalam masakan. Tidak lama kemudian akan tumbuh kembali daun yang baru. 


Perawatannya sangat mudah. Cukup sinar matahari dan air. Jangan terlalu sering menyiram, daun bawang akan menjadi busuk nantinya. 

Mudah sekali, bukan?

Dengan melakukan regrow, maka akan mengurangi sampah dapur. Hal ini juga termasuk upaya menjaga kesehatan lingkungan. Saya pribadi akan merasa puas ketika apa yang saya tanam bisa saya nikmati kembali.

Teman-teman juga bisa melakukan sendiri di rumah, lho.

***

Mamuju, 5 Januari 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instalasi Hidroponik #Ramadhan Journey

Instalasi Hidroponik milik kak Ama di Kabupaten Majene Tiga hari yang lalu, sebelum pulang ke Mamuju, saya menyempatkan berkunju...