Kamis, 04 Januari 2024

Pakai Sampai Habis


Sejak dulu sampai sekarang, saya selalu memakai produk konsumsi sampai habis tidak tersisa. 
Produk apa saja? 
Semuanya. Mulai dari makanan, toiletries, skincare dan lain-lain. Misalnya saja saos atau kecap isinya tinggal sedikit, pasti saya simpan dalam posisi terbalik. Kalau masih ada isinya yang susah keluar, biasanya saya akan membelah botol menjadi dua bagian. 

Begitu juga dengan sabun cuci piring, sabun cuci baju, shampo dan lain-lain. Jangan sampai membuang kemasan yang ada isinya walaupun hanya sedikit. Shampo yang masih ada isinya sedikit, bisa ditaruh air sampai botolnya bersih, hehehe..

Jadi bukan hanya karena persoalan  emak-emak yang ga mau rugi, ya. Tapi memang sudah terbiasa sejak dulu. Sudah biasa juga lihat orang tua di rumah melakukan seperti itu. Katanya, sayang masih ada isinya tapi dibuang, mubazir. 
Nah, itu betul sekali.

Ternyata apa yang saya lakukan ini sudah termasuk bagian dari hidup minimalis, lho.   
Dengan melakukan salah satu kebiasaan baik ini #pakaisampaihabis, kita diajarkan menjadi orang yang lebih bertanggung jawab terhadap produk konsumsi kita. Kalau sudah habis, baru beli lagi, jadi ga over konsumsi. Dengan begitu akan berefek ke pengeluaran keuangan kita yang lebih terkendali. 

Bagaimana dengan teman-teman?

Sharing, yuk

***

Mamuju, 2 Januari 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instalasi Hidroponik #Ramadhan Journey

Instalasi Hidroponik milik kak Ama di Kabupaten Majene Tiga hari yang lalu, sebelum pulang ke Mamuju, saya menyempatkan berkunju...