Senin, 06 Februari 2023

Melatih Kemandirian Anak

🌻🌻🌻
Di antara banyaknya peran saya sebagai orang tua dalam mendidik anak, melatih kemandirian adalah salah satunya yang saya terapkan. Saya tidak mau anak-anak selalu bersikap manja dan serba dilayani.

Terutama anak saya yang bungsu, susah sekali makan. Kalau sudah tidak mood, malah minta disuap. Sampai hari ini, saya selalu merasa kerepotan dan gemas kalau jadwal makan tiba. Makan berat sedikit, tapi sangat suka dengan cemilan dan kue-kue 😅

Sebisa mungkin saya tetap mengajarkan agar bisa mandiri makan tanpa rewel. Lain halnya kalau kondisi kurang sehat. 

Berlaku juga dalam hal mengurus pakaian masing-masing. Mulai dari pakaian sekolah, pakaian mengaji hingga pakaian rumah. Kalau mencuci pakaian tentu masih menjadi pekerjaan saya. 

Tapi melipat dan menyusun di lemari sudah menjadi tugas anak-anak. Dan mereka yang tahu dimana letak pakaian masing-masing beserta aksesorisnya. 

Kegiatan sapu menyapu juga menjadi tugas anak-anak. Dan saya sudah menyiapkan jadwal beberes rumah, baru terbatas pekerjaan yang ringan-ringan saja.

Walaupun kadang-kadang harus selalu diingatkan supaya jangan lalai dengan tugas yang diberikan. 

Sebagai orang tua, saya juga harus memberi teladan kemandirian yang baik dulu untuk anak-anak. Tidak hanya sekedar menyuruh atau memotivasi saja.

☘️☘️☘️

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instalasi Hidroponik #Ramadhan Journey

Instalasi Hidroponik milik kak Ama di Kabupaten Majene Tiga hari yang lalu, sebelum pulang ke Mamuju, saya menyempatkan berkunju...