Rabu, 01 Februari 2023

POC Kulit Bawang

🌻🌻🌻
Saya memiliki beberapa tanaman hias dan cabai di rumah. Semua tanaman tersebut mudah dirawat dan tidak perlu disiram setiap hari. Salah satunya kaktus.

Saya jadi ingat, ada teman yang bilang kalau kaktus itu tanamannya orang malas, hehehe... Mungkin karena disiram atau tidak disiram tetap tumbuh, ya 😅

Walaupun begitu, tanaman saya tetap butuh perawatan. Minimal rutin disiram. Biasanya saya memanfaatkan limbah dapur untuk di tanaman. Apa saja itu ? Ada air beras, rendaman kulit bawang merah, kulit telur yang digerus, kulit pisang dan lain-lain.

Tapi yang paling sering saya gunakan adalah air beras dan rendaman kulit bawang merah atau bawang putih.

Pupuk organik cair kulit bawang merah sangat bermanfaat bagi tanaman. Kulit bawang merupakan pestisida alami yang mengandung senyawa acetogenin dalam jumlah tinggi. 

Berbagai macam zat senyawa dalam kulit bawang dapat meningkatkan ketahanan tanaman terhadap penyakit dan menjaga kesuburan tanaman. Selain itu, batang dan akar juga akan menjadi kuat.

Caranya cukup mudah. Kita tinggal meyiapkan 2-3 genggam kulit bawang ke dalam 1 liter air. Tutup wadah dan biarkan sampai 1-2 hari. Setelah itu, air hasil rendaman kulit bawang siap digunakan. 

Cukup mudah kan? Mari manfaatkan limbah dapur untuk kelestarian tanaman kita, ya 😀💪💪

🍀🍀🍀

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instalasi Hidroponik #Ramadhan Journey

Instalasi Hidroponik milik kak Ama di Kabupaten Majene Tiga hari yang lalu, sebelum pulang ke Mamuju, saya menyempatkan berkunju...