Sabtu, 18 Maret 2023

Lomba Mewarnai di Sekolah

Kemarin, anak saya yang bungsu, Salsa, mengikuti lomba mewarnai di sekolahnya. Kegiatan lomba mewarnai diikuti oleh kelas 1, 2 dan 3. Awalnya Salsa tidak mau ikut, katanya nanti tidak dapat juara. "Kalau ndak menang gimana, Bun?" tanya Salsa menunjukkan mimik wajah khawatir. "Lho, ya ga apa-apa dong nak, yang penting kan Salsa sudah dapat pengalaman ikut lomba." 

Saya mencoba menenangkan Salsa dan menjelaskan bahwa setiap perlombaan ada menang dan kalah. Menang ya Alhamdulliah. Tapi kalau kalah bisa dijadikan pengalaman. Mendapat penjelsan seperti itu, Salsa manggut-manggut kemudian tersenyum.

Akhirnya saya berhasil meyakinkan Salsa. Dan malam sebelum acara perlombaan, Salsa tampak bersemangat menyiapkan segala keperluan perlombaan diantaranya, pensil warna dan meja lipat. 

Lomba mewarnai dilakukan di pekarangan sekolah. Saya lihat Salsa sangat enjoy mewarnai. Dengan telaten dan penuh percaya diri Salsa mewarnai semua gambar yang ada. Walau sempat mengeluh tangannya pegal, hehehe. 


Setelah selesai mewarnai, Salsa dan teman-temannya mendapat bingkisan tempat makan Morilife Luna dan snack. Salsa terlihat sangat senang sekali. Berkali-kali menggoyangkan bingkisan itu ke arah saya. Saya pun membalas dengan melambaikan tangan. 

Sebagai orang tua, saya selalu mendukung kegiatan anak-anak. Selama aktivitas yang dilakukan bermanfaat dan bernilai positif. Seperti perlombaan mewarnai kali ini. 

Aktivitas mewarnai sangat disukai anak-anak. Dengan gerakan tangan pada saat mewarnai dapat membantu anak-anak untuk mengembangkan keterampilan motorik halus. Anak-anak juga dapat mengembangkan kemampuan analisis visual dengan adanya cerita bergambar. 

Seperti Salsa pada saat mewarnai gambar, yang menceritakan sekelompok anak-anak yang bermain di taman. Salsa mewarnai sesuai dengan warna asli benda-benda yang biasa dia lihat dan bisa berkreasi sendiri dengan pilihan warnanya. Dan masih banyak manfaat lainnya. 

Kegiatan mewarnai selesai dan kami pun pulang. Di perjalanan, Salsa tetap berceloteh riang. Dia merasa senang dengan perlombaan mewarnai, walau tanpa membawa pulang piala.

***






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instalasi Hidroponik #Ramadhan Journey

Instalasi Hidroponik milik kak Ama di Kabupaten Majene Tiga hari yang lalu, sebelum pulang ke Mamuju, saya menyempatkan berkunju...