Rabu, 01 Juni 2022

Maju Berkarya bersama Dem Area BTS

Apa itu Dem Area Budidaya Tanaman Sehat atau yang biasa disingkat Dem Area BTS ?
Dem Area BTS adalah demonstrasi area yang menerapkan budidaya tanaman sehat dan pelestarian musuh alami dalam skala luas.  Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan contoh kepada petani dalam hal penerapan budidaya tanaman sehat dan mampu mengelola keberadaan OPT agar tidak menimbulkan kerugian secara ekonomi. 
Kegiatan Dem Area merupakan program dari Direktorat Perlindungan Tanaman Pangan yang dilaksanakan di daerah sentra produksi padi salah satunya adalah di Provinsi Sulawesi Barat. Dem Area di Provinsi Sulawesi Barat dilaksanakan di Kabupaten Polewali Mandar. Kegiatan dilaksanakan di 7 kecamatan dan diikuti oleh 37 kelompok tani. 

Pelaksanaan kegiatan Dem Area BTS perlu dilakukan pengawalan, pendampingan dan pembinaan oleh petugas pusat maupun daerah. 
BPTPH selaku petugas di daerah melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan BTS di masing-masing kelompok tani. Hasil dari monitoring yang kami dapatkan adalah bahwa petani melakukan serangkaian kegiatan sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan dem Area BTS yang dimulai dari persiapan hingga pelaksanaan kegiatan. Rata-rata pertanaman telah memasuki fase generatif. Adapun pertanaman yang terserang hama masih di bawah ambang pengendalian. Untuk pertanaman yang terdapat populasi hama di bawah ambang pengendalian dapat dilakukan aplikasi APH begitupun sebaliknya jika populasi hama sudah di atas ambang pengendalian dapat digunakan insektisida kimia. Tetapi kelompok yang kami kunjungi belum ada yang menggunakan insektisida kimia. Hal tersebut menunjukkan bahwa kondisi pertanaman dalam keadaan aman terkendali. 
Petani yang kami kunjungi menyampaikan rasa bahagia dan bersyukur karena bisa ikut dalam kegiatan Dem Area BTS. Mereka menjadi paham dengan proses bertanam yang baik dan bisa mengambil langkah efektif jika terjadi serangan hama dan penyakit di persawahan mereka. Kebahagiaan mereka turut menjadi motivasi bagi kami selaku petugas pengendalian OPT. 

Dan kami berharap kegiatan Dem Area BTS dapat mendorong petani untuk tetap melaksanakan budidaya tanaman padi secara sehat dan berupaya menangani serangan OPT di daerah potensial/endemis sesuai dengan konsep Pengendalian Hama Terpadu. Yang terpenting adalah menjaga semangat dan tetap istiqamah melakukan yang terbaik. Aamiin 😇🤲

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instalasi Hidroponik #Ramadhan Journey

Instalasi Hidroponik milik kak Ama di Kabupaten Majene Tiga hari yang lalu, sebelum pulang ke Mamuju, saya menyempatkan berkunju...